[Dasar Python]: Semua Harus Mempunyai Nama!

Yes! Nama sangatlah penting artinya dalam dunia pemrograman, karena nama adalah sebuah IDENTITAS. Saatnya kita mengintip tentang Identitas dan Kata kunci di Python. Jangan lupa secangkir kopi plus alunan MP3 layak untuk mendampingi Anda…:D

Kita telah mempelajari sebelumnya bahwa setiap program akan selalu memanggil variabel dengan menggunakan nama dari variabel tersebut. Setiap bahasa pemrograman memiliki aturan sendiri-sendiri untuk penamaan suatu variabel. Nama ini sering kita sebut sebagai Identitas (identifier). Python tidak mengijinkan kita untuk menggunakan beberapa kata, yang termasuk Kata Kunci (keyword), sebagai nama variabel. Berikut daftar kata kunci yang terdapat dalam Python.

KATA KUNCI
False class finally is return
None continue for lambda try
True def from nonlocal while
and del global not with
as elif if or yield
assert else import pass
break except in raise

Interpreter Python juga telah mendefinisikan beberapa aturan untuk penamaan identitas seperti berikut ini:

  1. Nama variabel tidak boleh ada spasi atau simbol-simbol seperti ? ! @ # + - % ^ & * ( ) [] { } . , ; : " ' / dan \. Tanda garis bawah (_) dapat digunakan untuk mengganti spasi. Contoh: klinik_python.
  2. Nama variabel harus unik. Misalkan kita ingin menyimpan empat bilangan yang berbeda-beda, maka kita harus membuat empat nama varibel yang unik alias tidak boleh sama. Identitas bersifat case-sensitive, yang artinya penulisan huruf besar atau huruf kecil dianggap berbeda. Contohnya: klinikPython itu berbeda dengan KlinikPython.
  3. Nama variabel dapat terdiri dari angka dan karakter.
  4. Nama variabel harus dimulai dengan huruf atau tanda garis-bawah, dan selanjutnya boleh diisi dengan huruf, angka (0 – 9), atau garis-bawah. Karakter pertama dari nama variabel tidak boleh berupa angka.

Secara umum, kita bisa mengikuti aturan penamaan variabel seprti berikut:

  1. Nama variabel harus ringkas dan bermakna. Nama harus berhubungan dengan isi dari variabel tersebut. Contohnya, misalkan kita akan menyimpan data tentang umur siswa, maka nama variabel yang tepat adalah umur_siswa.
  2. Nama variabel secara umum ditulis dalam huruf kecil.
  3. Jika nama variabel terdiri dari dua kata, gabungkan dua kata tersebut dengan gunakan huruf besar di depan setiap kata. Atau pisahkan tiap-tiap kata dengan tanda garis-bawah.

Berikut ini penamaan variabel yang tepat:
alamat1
nama_karyawan
nama_variabel_ini_sangat_panjang

Berikut ini penamaan variabel yang salah:
#alamat
1Nomor

Nah, itulah tata cara atau aturan untuk penamaan suatu variabel di bahasa pemrograman Python tercinta. Sangat mudah bukan?

Dan…Tetap Belajar!…Salam PythonMania!

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s