[Dasar Python]: (1) Menulis Kode Python

Pada pemrograman Python, kita bisa menuliskan kode program dalam tiga cara yaitu (1) mode interaktif, (2) mode skrip, dan (3) mode IDLE.

A. Mode Interaktif

Kita bisa memulai menjalankan Python dengan mode interaktif (command-line interpreter) dan langsung memulai menuliskan kode program. Setiap sistem operasi pasti mempunyai sebuah command-line intrepeter, misal: pada Windows kita mengenal DOS,sedangkan di Linux kita mengenal Shell. Mode ini sangatlah membantu kita dalam menguji beberapa fitur-fitur dari Python.

Pada sistem operasi Linux, kita bisa menjalankan mode ini dengan menggunakan Terminal. Karena Python merupakan bahasa pemrograman yang sudah terintegrasi dengan Linux, maka kita cukup menuliskan python pada shell prompt.

$ python

Dengan mengetikkan python pada shell prompt, kita akan masuk ke mode interaktif Python yang akan ditandai dengan “>>>“.

B. Mode Skrip

Kita juga bisa menjalankan Python dengan mengeksekusi langsung sebuah skrip program pada shell prompt. Kita cukup menuliskan sebuah perintah:

$ python programKu.py

Perintah ini akan mengeksekusi skrip programKu.py secara langsung dari direktori yang aktif sekarang.

Kita buat dulu file programKu.py, kemudian simpan di folder kerja. Dalam menuliskan kode programKu.py, kita bisa menggunakan Text Editor yang telah disediakan oleh Linux, diantaranya gEdit atau Geany. Penulis selama ini selalu menggunakan Geany. Berikut listing kode programKu.py:

# file: programKu.py

print "Python, Saya Datang!"

C. Mode IDLE

Python juga dapat dijalankan pada mode grafik yang disebut mode IDLE. IDLE berbasis Tkinter, yang untuk menjalankannya kita harus menginstal Tcl/Tk. IDLE dijalankan langsung dari folder /usr/lib/python2.7/idlelib/. Berikut tampilan IDLE:

Summary (from Making Use of Python)
Python can be started in three different ways:

  1. As the interactive interpreter
  2. Directly executing a script from the command line
  3. As an Integrated Development Environment (IDE)

16 comments

  1. maaf mau tanya
    kok saya ngejalanin di winduw harus pake tanda buka tutup kurung ya mas
    saya make python 3.2 sama pywin 32 , mohon penjelasan

    1. iya betul kalo pada Python 3.x, kita harus pake tanda kurung…print(“….”). sebaliknya kalo pada Python 2.x, cukup diberi tanda petik…. print “….”. Kebetulan untuk contoh di atas, kita pake Python 2.7.

  2. wah sangat bermanfaat… ini yang saya cari…

    terima kasih gan… oh iya akhir nya saya bisa juga yang cara dari pertama sampe yang ke 2, cuma yang ke 3 agak ribet, akhir nya saya install aja yang idle di ubuntu, klo kaya gitu sama ga?

  3. mas, aku lagi dalam masa penulisan Tugas Akhir. Aku lagi buat aplikasi dari Python 2.5 yang isinya tentang “gaya pegas” ngutip dari Erik Thompson namun ingin aku kembangkan. Masalah yang saya temukan dalam penulisan program yaitu ketika ingin memasukkan fungsi “clearscreen” pada bahasa C. Mohon bantuannya mas untuk fungsi ini. Terimakasih ^_^

  4. Mas, klo di windows 7 gimana y ??
    Perintah Python di CMD’y ga dikenali..

    Apa harus instal Linux dlu mas ?

    1. ngga usah mas andi…. seperti komen di atas di cmd dengan python 3 harus pake tanda kurung klw yg di atas ngga pake kurung …… jadi di ketik : print (“helow world”); baru keluar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s