[DASAR PYTHON]: MANAJEMEN FILE (BAGIAN 2)

Semangat Pagi, PythonMania!!!:)

Artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya, MANAJEMEN FILE (BAGIAN 1). Oiya, mungkin dari PythonMania ada yang bertanya, Kenapa harus belajar tentang File di bahasa Pemrograman Python? Yup! Karena File itu penting!…(jawaban ringkas dan padat…:) ). Jadi, It’s ShowTime!….

Saatnya Menuliskan Data Anda Pada Sebuah File. - pic: www.thesaleslion.com

Saatnya Menuliskan Data Anda Pada Sebuah File. – pic: http://www.thesaleslion.com


Metode-Metode dari Objek File

Untuk membaca atau menulis isi dari sebuah file, bahasa Pemrograman Python menyediakan beberapa metode (atau cara) yang berbeda-beda. Nah, kita akan belajar beberapa metode yang sangat berguna untuk menuliskan suatu data dalam sebuah file.

Menuliskan Data pada Sebuah File

Metode write() berfungsi untuk menuliskan suatu data teks pada sebuah file. Teks ini dapat terdiri dari kumpulan kata dalam satu baris atau beberapa baris. Metode write() tidak dapat menambahkan baris baru secara otomatis. Jika kita ingin menambahkan baris baru, maka kita harus menambahkan karakter NEWLINE, ‘\n‘, di akhir baris. Contoh berikut akan menampilkan penggunaan metode write():

>>> file_tes = open('ujifile.dat', 'w')
>>> file_tes.write('Teks baris pertama\n')
>>> file_tes.write('Teks baris kedua\n')

Dari kode di atas, baris pertama menyatakan untuk membuka file ujifile.dat dalam mode tulis. Kemudian, baris kedua menyatakan untuk menuliskan ‘Teks baris pertama’ pada file dan menambahkan sebuah baris baru. Sedangkan baris terakhir menyatakan penambahan teks ‘Teks baris kedua’ disertai baris baru. Pada baris kedua dan ketiga, penambahan baris baru ditandai dengan suatu karakter ‘\n‘.

Kita juga dapat menggunakan metode writelines() untuk menuliskan daftar teks pada sebuah file. Sama seperti metode write(), metode writelines() tidak bisa menambahkan baris baru secara otomatis. Jika kita tidak menambahkan karakter NEWLINE, maka metode writelines() akan menuliskan isi dari daftar tersebut sebagai sebaris teks. Berikut ini ilustrasi dari penggunaan metode writelines():

>>> daftar = ['satu', 'dua', 'tiga']
>>> i = 0
>>> for x in daftar:
	daftar[i] = x+'\n'
	i += 1
>>> filedata = open('d:/filetes.dat', 'w')
>>> filedata.writelines(daftar)

Pada kode di atas, baris pertama membuat sebuah list daftar yang berisi tiga data. Kemudian, menambahkan karakter NEWLINE pada akhir tiap-tiap data dari list daftar dengan menggunakan pengulangan for. Selanjutnya, fungsi open() digunakan untuk membuka file filetes.dat dengan mode tulis dan metode writelines() menuliskan data-data dari daftar ke dalam file filetes.dat. Setiap data dari daftar akan dituliskan dalam baris baru dengan penambahan karakter ‘\n‘.

Bersambung….

Woke!…Semoga Bermanfaat dan Salam PythonMania!

About these ads

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s